Resep Es Pisang Ijo yang Segar dan Lezat

Memasak Es Pisang Ijo



Es pisang ijo merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. Makanan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung ketan dan pandan. Kemudian, pisang ini direbus dan dicampur dengan sirup gula merah serta santan. Tak hanya lezat, es pisang ijo juga sangat segar dan cocok untuk dinikmati di cuaca yang panas.


Bahan-bahan yang Dibutuhkan



Untuk membuat es pisang ijo, kita memerlukan beberapa bahan seperti pisang kepok yang sudah matang, tepung ketan, daun pandan, garam, air matang, santan, gula merah, es batu, dan sirup cocopandan.


Cara Membuat Es Pisang Ijo



1. Pertama-tama, kupaslah kulit pisang dan potong-potong sesuai dengan selera Anda. Kemudian, haluskan daun pandan menggunakan blender dan saring airnya.
2. Campurkan tepung ketan, air pandan, dan sedikit garam. Aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi kalis.
3. Ambil selembar daun pisang dan letakkan potongan pisang di atasnya. Kemudian, bungkus pisang dengan adonan ketan hingga rata.
4. Rebuslah pisang yang sudah dibalut adonan ketan dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit hingga matang.
5. Setelah matang, angkat dan tiriskan pisang. Kemudian, potong-potong sesuai dengan selera.
6. Rebus santan, gula merah, dan sedikit garam hingga mendidih. Aduk hingga tercampur rata.
7. Tambahkan potongan pisang ke dalam campuran santan dan aduk hingga rata.
8. Sajikan es pisang ijo dalam mangkuk dan tambahkan es batu dan sirup cocopandan di atasnya.


Penyajian



Es pisang ijo siap disajikan. Rasanya yang segar dan manis membuat makanan ini sangat cocok untuk dinikmati pada cuaca yang panas. Es pisang ijo dapat disajikan sebagai makanan penutup atau camilan di sore hari.


Kesimpulan



Itulah resep es pisang ijo yang segar dan lezat. Semoga resep ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba membuat makanan khas Indonesia ini. Selamat mencoba!

close