Resep Bolu Kukus Gula Merah Merekah

Bahan-bahan:




- 200 gram tepung terigu protein sedang

- 5 butir telur

- 150 gram gula pasir

- 100 ml susu cair

- 1 sdt baking powder

- 1/2 sdt garam

- 200 gram gula merah

- 100 ml air

- 1 lembar daun pandan

- 1 sdt air jeruk nipis

- 1 sdt margarin untuk olesan loyang



Cara Membuat:




1. Pertama-tama, siapkan loyang yang sudah diolesi margarin. Sisihkan.

2. Campurkan gula merah, air, dan daun pandan dalam panci. Masak dengan api kecil hingga gula merah larut dan mengental. Setelah itu, masukkan air jeruk nipis dan aduk rata.

3. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam wadah. Sisihkan.

4. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna pucat. Campurkan susu cair, aduk rata dengan spatula.

5. Tambahkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan telur sambil diaduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

6. Masukkan campuran gula merah ke dalam adonan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Ratakan permukaan.

8. Panaskan kukusan dengan api sedang sampai air dalam kukusan mendidih. Setelah itu, kukus adonan bolu selama 40-50 menit hingga matang.

9. Setelah matang, keluarkan bolu dari kukusan dan biarkan dingin. Setelah itu, bolu kukus gula merah merekah siap disajikan.



Informasi Nutrisi:




- Kalori: 189 kkal

- Protein: 4,5 gram

- Lemak: 2,9 gram

- Karbohidrat: 37,7 gram

- Serat: 0,8 gram



Nikmati sensasi manis gula merah merekah pada bolu kukus dengan resep yang sangat mudah ini. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, Anda bisa membuat bolu kukus gula merah merekah ini di rumah. Bolu kukus gula merah merekah ini cocok disajikan sebagai camilan atau cemilan saat bersantai bersama keluarga. Selamat mencoba!


close